Tak hanya Indonesia yang mempunyai dongeng tentang tembakau yang konon dinamakan dari bahasa jawa Tambaku (obatku) dari kisah Ki Ageng Makukuhan. Masyarakat dari negara lain pun ternyata punya dongeng tersendiri tentang tanaman ini. Korea, salah satunya. Negara yang terkenal dengan ginsengnya ini ternyata mempunyai dongeng menarik mengenai asal-usul tembakau di negerinya. Hal itu seperti yang tersebar dalam cerita rakyat yang beredar di Korea, barangkali sebagai dongeng sebelum tidur anak-anak di Korea.

tembakau

Konon kabarnya, salah seorang raja mereka kehilangan permaisuri yang sangat disayanginya. Pasca kematian permaisuri tersebut, raja tak henti-hentinya dirudung duka.

Sampai pada suatu hari, Baginda Raja bermimpi didatangi buah hatinya ini. Katanya, “Sri Baginda, di atas makam hamba paduka akan menemukan daun penyembuh yang disebut tembakau. Silakan paduka mengumpulkan daun penyembuh ini. Keringkan di atas api. Silakan menghisap asapnya. Semua ini akan bisa menghilangkan duka cita paduka.”

tembakau

kebun tembakau

Di atas makam permaisuri memang terdapat daun penyembuh. Daun-daun tersebut kemudian diambil dan dihisap mengikuti petunjuk permaisurinya. Di samping itu, Sang Raja juga menyebarkan bibit tanaman tersebut ke seluruh penjuru kerajaan.

Gambar ilustrasi: Eko Susanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s