Papir atau kertas rokok dalam aktivitas tingwe adalah unsur yang sangat penting. Rasa tembakau lintingan menjadi tak berarti jika unsur papirnya juga tidak mendukung. Karena hal itulah, belakangan ini marak bermunculan jenis-jenis papir yang beredar di pasaran.

Secara penggolongan, papir yang beredar itu terdapat dua macam. Ada papir manis dan ada papir tawar. Untuk mengetahui mana yang manis, tinggal kita jilat salah satu bagian ujungnya. Atau cukup dengan meraba salah satu ujungnya. Perbedaan teksturnya cukup mencolok kok.

Kertas_Mars_Brand

Untuk jenis papir tawar, ada merek yang cukup lama dikenal, yaitu papir Mars Brand. Merek ini cukup diminati oleh kalangannya. Papir ini terbilang tipis dengan ukuran lebih kecil dari ukuran papir manis pada umumnya. Papir Mars Brand kadar chlorine-nya (pemutih kertas) terbilang rendah dibandingkan dengan produk selevelannya seperti merek Rizla dan Torreador.

Ada juga papir merek Mascotte. Banyak tersedia di toko-toko tembakau. Secara gramasi hampir serupa dengan golongan papir Mars Brand. Perbedaan harganya pun tak jauh mencolok dengan papir Mars Brand.

raw-supernatural-rolling-paper-12-inch-3_1

Orientasi peminat tingwe terus berkembang, seiring itu muncul juga beberapa merek papir yang menawarkan kualitas dan varian opsional, di antaranya papir merek Raw. Papir buatan Spanyol ini cukup diminati di pasaran.

Selain terdapat dua pilihan ukuran. Ukuran normal dan ukuran panjang. Produk papir merek Raw menawarkan inovasi berbeda dari Mars Brand. Terdapat beberapa varian aroma buah. Nyaris seperti aroma permen karet yang menguarkan sensasi aroma buah-buahan.

 

Untuk jenis papir manis, beredar cukup meriah di pasaran merek papir lokal. Umumnya papir lokal adalah jenis papir manis. Lembarannya tidak setipis papir tawar. Tapi juga ada beberapa pilihan yang mendekati papir Mars Brand tipisnya.

Para penikmat tingwe yang terbilang konseptual, tidak terlalu menyukai jenis papir ini. Alasannya selain karena manis, juga soal kadar chlorine yang dikandungnya. Sehingga terasa lebih tebal.

Kertas_Papir_Rokok_Merk_KW_Samsu_Djarum_Surya_GG_LA_dll_Papi

Untuk jenis papir lokal ada beberapa merek yang sudah lama dikenal, di antaranya papir Cap Wayang, Buffalo, Cap Ramayana, Cap Kepala Jago, Cap Sinden, dll. Selain itu ada juga jenis papir yang ujungnya menyerupai kertas pelindung filter rokok. Ada yang seperti kertas rokok Mild, Gudang Garam, Djarum Super, dll.

Para penikmat tingwe yang biasa melinting menggunakan kertas ini umumnya menggunakan busa filter pada rokok tingwenya. Papir jenis ini masuk kategori varian dari papir manis di pasaran.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s