Pipa rokok adalah salah satu perangkat yang lazim digunakan perokok untuk menikmati rokoknya. Tentu saja ada sensasi kenikmatan tersendiri dari menggunakan pipa rokok. Walau memang tak semua perokok merasa nyaman dalam menggunakannya. Kembali ke soal hobi dan kebiasaan.

14373989817_4414b077b4_o

Pipa rokok yang dimaksud di sini berbeda dari cangklong. Cangklong adalah perangkat isap untuk menikmati tembakau, cangklong memiliki bowl (mangkuk) untuk menampung tembakau yang akan dibakar. Sedangkan pipa rokok digunakan untuk menghisap rokok, tidak ada bagian bowl-nya.

Sebagian besar perokok memiliki alasan tersendiri kenapa harus menggunakan pipa rokok. Umumnya hal itu seturut fungsinya, untuk menyaring kandungan nikotin yang ada pada rokok. Meskipun rokok yang diisap juga sudah menggunakan filter.

Ada beberapa jenis pipa rokok yang cukup lazim beredar di pasaran. Dalam hal ini dibedakan dari jenis material yang digunakan. Bagi perokok yang belum pernah menggunakan pipa rokok, tidak ada salahnya untuk mengetahui atau mungkin pula mencoba menggunakannya. Pada prinsipnya, penggunaan pipa rokok juga bagian dari budaya merokok di masyarakat kita. Inilah empat jenis pipa rokok yang dapat kita temukan di pasaran.

41148176000_8bac4391f5_o

Pertama, pipa rokok yang terbuat dari gading gajah. Harga pipa rokok dari gading gajah ini terbilang mahal. Tahu sendiri kan, gajah adalah hewan langka yang terancam keberadaannya. Tak heran jika pipa rokok dari gading gajah relatif sulit didapat. Harganya satuannya mencapai jutaan rupiah, tergantung ukuran dan kualitas gadingnya.

Kedua, adapula pipa rokok yang dibuat dari tulang ikan-ikan berukuran besar dari spesies mamalia, seperti ikan duyung atau dugong. Pipa rokok dari jenis tulang ikan ini sama sulitnya didapat. Harganya tak kalah mahal dengan pipa rokok dari gading.

Ketiga, jenis pipa rokok yang terbuat dari tulang kambing dan sapi. Jenis pipa rokok yang menggunakan bahan dasar tulang kambing ataupula sapi ini cukup mudah kita temui. Harganya jauh lebih murah dari dua jenis di atas, di kisaran puluhan ribu saja.

44020930440_f38db4ccf1_k

Kempat, ini jenis pipa rokok yang hampir setara harganya dengan pipa dari tulang kambing. Yakni pipa rokok yang dibuat dari tanduk kerbau. Selain tanduk kerbau, ada juga pipa rokok yang dibuat dari tanduk rusa atau menjangan. Jenis ini jauh lebih mahal tentunya.

Kelima, pipa rokok yang terbuat dari bambu. Biasanya jenis bambu yang digunakan adalah bambu tali dan tamiang. Harganya relatif lebih terjangkau, di kisaran puluhan ribu. Banyak kreasi yang dibuat untuk pipa rokok jenis ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s