Gabus rokok. Begitulah sebutan populer di masyarakat kita merujuk pada filter yang dihubungkan ke batang rokok. Gabus rokok adalah istilah lokal yang cukup dikenal secara luas. Sejatinya, filter berbahan busa itu berfungsi untuk menyaring sebagian partikel pada asap rokok.

48167256961_973c7533eb_k

Rokok yang menggunakan filter rokok umumnya adalah golonngan SKM (Sigaret Kretek Mesin). Sudah bukan rahasia, filter rokok kerap diisukan negatif yang dikait-kaitkan dengan masalah kesehatan oleh banyak kalangan. Bahkan isu filter rokok mengandung darah babi dipercaya oleh sebagian masyarakat. Isu negatif semacam itu jelas menyesatkan konsumen. Sementara isu itu sendiri sama sekali tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

Secara umum, filter rokok terdiri dari empat bagian. Bagian pertama disebut tow. Bagian ini adalah rangkaian selulosa asetat, yang masyarakat umum menyebutnya busa. Bagian tersebut merupakan badan filter.

48229305192_a50c050589_k.jpg

Kedua, plasticizer, bagian ini merupakan zat pelunak untuk mengikat filter. Ketiga, ada bagian yang disebut plug wrap. Ini adalah kertas pembungkus badan filter tadi. Keempat, adalah pelekat. Pelekat ini berfungsi untuk perekat kertas plug wrap.

48117840021_c2d1dd60fc_k

Sedangkan jenis tinta yang digunakan untuk mencantumkan merek rokok umumnya adalah tinta monogram. Peneraan merek pada bagian filter ini lazim berlaku pada sejumlah merek rokok berfilter. Namun adapula beberapa merek rokok yang mencantumkan merek rokoknya pada kertas tipping, ada juga yang pada kertas rokoknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s