Tembakau dari Lombok Timur cukup dikenal banyak jenisnya. Seperti juga tembakau yang ada di Pulau Jawa. Tembakau Senang adalah salah satu yang paling dikenal dari tanah Lombok, selain itu ada juga yang dikenal dengan tembakau Kasturi.

46065178815_cd88b11b7b_k

Meski tahun ini cukai tembakau mengalami kenaikan, sehingga harga rokok pun menjadi mahal dan serapan tembakau dari petani ke pabrikan mengalami penurunan. Namun petani tembakau Lombok Timur sejak lama mampu menjual tembakau rajangannya di Pasar Mandalika.

Seperti yang dilakukan Sumiati. Perempuan paruh baya yang gemar merokok lintingan tembakau. Dia menjual tembakau rajangannya di Pasar Mandalika.

Ada beberapa jenis-jenis tembakau rajangan yang dijualnya. Di antaranya tembakau Kasturi Manis. Kata dia, tembakau jenis ini paling banyak dicari. Rasanya manis dan enak. Setengah kilogram atau setumpi dijual dengan harga Rp 100 ribu sampai Rp 125 ribu. Kemudian ada tembakau Kasturi Jepun. Tembakau jenis ini agak lengket dan lembek. Harganya Rp 125 ribu per 0,5 kg.

16433322775_8c711d757a_k (1).jpg

Ada juga jenis tembakau Skot Jamaq. Kata Sumiati lagi, tembakau Skot Jamaq rasanya ringan. Aroma tembakaunya tidak terlalu keras. Namun, baunya harum. “Sedikit manis,” katanya. Jangan bayangkan semanis gula ya. Harganya Rp 40 ribu per setengah kilogram.

17972194154_38e0a7250a_k

Kemudian ada ‌Mako Pender Jorong. Batang tembakau ini pendek kecil dan daunnya keriting. Harga jualnya Rp 30 ribu per setengah kilogram. Juga ada tembakau Paroke, kemudian tembakau Bandung. Yang ini, warnanya hitam. Tembakau ini paling murah. Hanya Rp 20 ribu per setengah kilogram.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s