Pemblokiran Iklan Rokok di Internet Bertentangan dengan Undang-undang Penyiaran

Orang Merokok 5Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Farid Moeloek menerbitkan surat edaran nomor TM.04.01/Menkes/314/2019 tentang Pemlokoran Iklan Rokok di Internet. Surat tersebut ditandatangani oleh Nila Moeloek pada 10 Juni 2019.

Meski permintaan tersebut belum mendapatkan tindakan lanjutan, namun surat edaran edaran dari Menkes tersebut perlu disikapi dengan serius. Mengingat, aturan yang diterbitkan oleh Menkes tersebut cacat hukum dan tak layak diterbitkan.

Orang Merokok 6Meski demikian, tiga situs yang bermuatan unsur rokok seperti rokokherbal.org, rokokherbal.biz, dan herbalrokok.blogspot.com telah dimatikan oleh pemerintah. Tida situs tersebut ditutup karena alasan mengandung muatan negatif bisa menjadi pintu masuk untuk pemblokiran-pemblokiran lain.

Padahal, terkait iklan rokok secara total sejatinya telag melanggar UU Penyiaran No 32 Tahun 2002 Pasal 46 Ayat (3) butir c dan melanggar PP 109/2012 Pasal 27 Ayat (c) dan (d), bahwa iklan rokok selama ini tidak memperagakan wujud rokok dan tidak bertentangan dengan kesusilaan masyarakat dan nilai-nilai agama.Orang Merokok 7

Peratuan mengenai iklan rokok juga telah diatur sangat detail di dalam PP 109 Tahun 2012 pasal 27 sampai pasal 40, mulai dari aturan promosi hingga sanksi di media teknologi informasi atau internet sudah ada dan ketat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s