Daun tembakau dimanfaatkan para ilmuwan untuk mengatasi berbagai penyakit dan berpeluang memberikan kontribusi bagi bidang kesehatan. Para ilmuwan, meyakini sebagaimana dikutip Economic Times, daun tanaman ini berpotensi mengatasi berbagai penyakit. Di antaranya diabetes tipe-2, demensia, dan artritis.

Argumentasi itu dilandasi karena ginjal manusia memproduksi interleukin 37 (IL-37) yakni protein super yang memiliki kekuatan anti-radang dan meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, produksi IL-37 yang dihasilkan oleh ginjal hanya dalam jumlah sedikit.

orang merokok
orang merokok

Karena itu, para ilmuwan yang melibatkan University of Western Ontario dan Lawson Health Institute di Kanada, dalam penelitiannya mencari cara untuk memproduksinya dengan bantuan daun tembakau. Metode tersebut jauh lebih menghemat biaya daripada IL-37 diproduksi secara mandiri di laboratorium dengan bakteri E. coli.

Salah satu yang mengembangkan metode untuk menghasilkan protein ini adalah ilmuwan dari University of Western Ontario dengan tanaman tembakau spesial. Tanaman ini telah melalui proses rekayasa genetika untuk bisa memproduksi IL-37 di dalam sel-selnya.

orang merokok
orang merokok

Hasilnya, protein IL-37 yang berfungsi secara lengkap dapat diekstrasi dari sel-sel daun tembakau tersebut. Pun, dalam jumlah yang besar.

Profesor Shengwu Ma dalam rilis penelitiannya (https://www.sciencedaily.com/releases/2019/02/190226112329.htm) mengungkap, “Tanaman-tanaman ini menawarkan potensi untuk memproduksi farmasi dengan cara yang lebih terjangkau daripada metode-metode lain saat ini.”

Ia melanjutkan, “Tembakau hasilnya banyak, dan kami bisa mengubah tanaman sementara sehingga kami bisa mulai membuat protein yang diinginkan dalam dua pekan.”

Ma dan tim berharap IL-37 bisa digunakan untuk mengatasi peradangan dan penyakit autoimun. Misalnya diabetes tipe-2, stroke, demensia, dan radang sendi atau artritis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s