Sosialisasi dan pelaksanaan progam Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) terus dilakukan di seluruh daerah di Indonesia. Salah satu yang sedang digiatkan ada di Desa Durenombo. Desa di daerah Batang, Jawa Tengah.

Desa Durenombo terkenal akan produksi Durennya. Punya luasan lahan untuk ditanami apapun, karena kesuburan tanahnya ini, warga desa banyak yang kemudian berprofesi sebagai petani dan pekebun.

Desa Durenombo masuk dalam progam TMMD.

Di desa ini, para tentara menggunakan strategi khusus dalam upaya mendekati warga desa. Mereka para tentara sengaja mendekatkan dan mengakrabkan diri dengan warga desa dengan berbagi rokok, makanan, dan juga kopi kepada warga.

bungkus rokok

rokok

Pendekatan ini cukup berhasil, sebab komunikasi antara tentara dan wraga Desa kemudian berjalan dengan sangat baik dan lancar.

Progam TMMD sendiri dimaksudkan untuk membantu warga menghadapi kesulitan di daerahnya. Misal sebuah Desa membutuhkan akses jalan untuk transportasi keluar-masuk desa, maka tentara akan ikut membantu membuatkan jalan.

rokok

Progam TMMD juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah-daerah yang belum tersentuh, juga membantu meningkatkan rasa aman dan nyaman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s