Salah satu fenomena terheboh tahun ini adalah dana cukai rokok digunakan Pemerintah untuk menambal BPJS Kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Artinya, industri rokok di Indonesia adalah salah satu Industri yang paling menghasilkan dan mampu berkontribusi penting untuk negara ini.

Tak hanya itu, industri rokok, khususnya Industri Sigaret Kretek Tangan atau SKT tak bisa dimungkiri juga punya andil yang besar dalam menyerap sumber daya manusia dalam jumlah besar. Dari mulai tenaga petani tembakau dan cengkeh, sampai tenaga pelinting.

petani cengkeh

Serapan besar tenaga kerja Industri ini paling banyak adalah mereka dari golongan masyakat kelas bawah. Masyarakat yang tak punya ijazah pendidikan, tak punya banyak pengalaman kerja, dan skill. Merekalah yang menjadi tulang punggung Industri SKT di Indonesia.

Atas dasar itulah, salah satu anggota Komisi XI DPR-RI, Mukhamad Misbakhun menyarankan pada pemerintah untuk meulai berfikir serius dalam menjaga keberlangsung industri yang satu ini.

pabrik rokok

Menurut Misbakhun, agar Industri Sigaret Kretek Tangan tetap bertahan dan terus ada, pemerintah perlu memberikan insentif kepada industri SKT, terutama golongan kecil dan menengah. pemberian insentif ini untuk meningkatkan produksi bagi industri yang dapat meningkatkan penerimaan cukai bagi negara.

rokok

Misbakhun menambahkan, Pemerintah juga perlu untuk melonggarkan batasan jumlah produksi rokok bagi Industri SKT golongan menengah dan kecil, sebab menurutnya, industri rokok sigaret kretek tangan, utamanya yang kelas industri kecil dan menengan, punya potensi untuk ikut membantu pemerintah mengurangi peredaran rokok ilegal dengan memberikan kebebasan dan kelonggaran jumlah produksi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s