Di Asia bahkan dunia, Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal sebagai eksportir rokok kretek. Maklum saja, cita rasa kretek Indonesia memang sangat terkenal di luar negeri. Banyak orang luar yang suka dengan rokok kretek Indonesia karena rasanya yang khas dan baunya yang harum. Tak heran jika nilai ekspor rokok kretek Indonesia hampir selalu menunjukkan peningkatan dari waktu ke waktu.

rokok

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, jumlah ekspor rokok kretek Indonesia pada 2017 meningkat 8,43% menjadi 84,03 juta kg dari tahun sebelumnya. Sementara nilainya tumbuh 12,12% menjadi Rp 11 triliun dari tahun sebelumnya. Negara-negara di kawasan Asia Tenggara merupakan pangsa pasar terbesar ekspor rokok kretek Indonesia, yakni mencapai 85% dari total seluruh ekspor.

rokok

Negara-Negara di kawasan Asia Tenggara adalah penyerap rokok kretek Indonesia terbesar. Jumlahnya hampir 85 % pasar rokok kretek Indonesia. Negara-negara tersebut adalah: Kamboja, sebagai peringkat tertinggi pertama, Kedua adalah Malaysia, kemudian Singapura di posisi ketiga, Vietnam di posisi keempat dan terakhir ada Thailand.

Kamboja menjadi negara dengan pangsa pasar ekspor rokok kretek terbesar bagi Indonesia dengan volume 39,47 juta kg atau sebesar 46,97% dari total ekspor dengan nilai mencapai US$ 281,74 juta. Di urutan kedua Malaysia dengan volume 11,25 juta kg atau setara 13,39% dari total volume ekspor dengan nilai US$ 214 juta.

rokok

Sebagai informasi tambahan, untuk ekspor tembakau olahan Indonesia pada 2017 tumbuh 32,24% menjadi 32,88 juta kg dengan nilai US$ 178,97 juta. Sementara untuk rokok dan cerutu lainnya tumbuh 29,9% menjadi 9,78 juta kg dengan nilai US$ 76,7 juta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s