Keberadaan rokok di negeri agraris ini begitu dibenci tapi sekaligus dicintai. Kian banyak orang yang mengampanyekan antirokok dan gaya hidup sehat lantaran rokok dianggap sebagai biang penyakit. Namun para ‘ahli hisap’ dan sejumlah orang yang menitiktekankan bahwa rokok bukan satu-satunya penyebab penyakit dan menimbang kemanfaatan produk tembakau tetap melakukan perlawanan.

rokok

Menimbang kemanfaatan rokok yang punya andil besar bagi perekonomian Indonesia. Penerimaan cukai rokok terus digenjot dan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Target tahun ini bahkan diberi pagu Rp 248 triliun. Jumlah itu empat kali lipat dari penerimaan negara dari BUMN yang berjumlah ratusan itu. Wajar bila dari uang cukai rokok pula yang mampu menutup kerugian BPJS tahun lalu.

bungkus rokok

Dari berbagai sektor industri, kontribusi perpajakan rokok yang terbesar, jauh melebihi industri lain seperti properti dan konstruksi, telekomunikasi, ataupun kesehatan dan farmasi.

Di samping itu industri hasil tembakau menyerap jutaan tenaga kerja; mulai dari perkebunan, manufaktur, hingga distribusi. Yang khas dari industri hasil tembakau ialah industri ini yang dari hulu hingga hilir memberdayakan sumber daya dari bangsa sendiri.

Itulah sebabnya, di masa krisis yang paling berat sekalipun industri ini nyaris tidak tergoyahkan karena bahan bakunya berasal dari dalam negeri, diolah oleh anak-anak bangsa, serta konsumennya juga dari bangsa sendiri.

rokok

Patut diakui, justru industri hasil tembakau merupakan contoh dari sokoguru perekonomian nasional yang dicanangkan oleh pemikir-pemikir ekonomi. Melihat kondisi tersebut pemerintah harus menimbang untuk membuat regulasi yang memberikan perlindungan terhadap komoditas unggulan ini. Tidak serta merta menuruti tuntutan dari kelompok antirokok yang didukung pendanaan asing untuk mengerus asset bangsa yang satu ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s