Ada ratusan bahkan ribuan jenis metode pengobatan alternatif yang selama ini dikenal oleh masyarakat. Namun, tak banyak yang punya metode unik dan umum dalam proses pengobatannya. Pengobatan alternatif Haji Ilin adalah salah satunya.

rokok

Pengobatan alternatif yang dilakukan oleh Haji Ilin di Tasikmalaya agaknya terasa unik. Pasalnya alat yang digunakan adalah rokok dan korek. Haji Ilin menggunakan rokok dan korek sebagai media totok syaraf. Orang-orang menyebut terapi pengobatan Haji Ilin ini sebagai “Terapi Rokok H. Ilin”.

rokok dan korek

Boleh percaya atau tidak, ternyata pengobatan alternatif ini justru lebih dipercaya oleh pasien. Tak sedikit pasien yang mengaku mendapatkan kesembuhan setelah berobat ke klinik pengobatan alternatif totok syaraf dengan media rokok di tempat Haji Ilin. Sebagian besar pasien yang datang ke klinik totok staraf rokok ini adalah karena urat kejepit.

bungkus rokok

Tak heran jika kemudian klinik pengobatan yang beralamat di Cibunigeulis, Bungursari, Tasikmalaya ini selalu kebanjiran pasien. Bahkan, tak sedikit pasien yang berasal dari luar kota yang rela datang jauh-jauh ke Tasikmalaya demi mengusahakan kesembuhan penyakitnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s