“Orang yang mengharamkan rokok, haram kalau lewat jalan”, begitu kata Gus Muwafiq (KH. Ahmad Muwafiq) dalam salah satu video pengajian peringatan Maulid Nabi Muhammad saw. Beberapa waktu yang lalu.

gus muwafiq

Kiai Jogja yang terkenal dengan ceramahnya yang jenaka itu membahas soal Keindonesiaan. Betapa Indonesia dengan Pancasila adalah Negara yang hebat.

Dalam ceramahnya tersebut, selain membahas soal Hizbut Tahrir, ia juga membahas kedaulatan Indonesia yang salah satunya bisa dilihat dari urusan rokok. Betapa mengharamkan rokok adalah perkara yang bahaya bagi Indonesia.

pabrik rokok

“Lha wong sudah tahu sini ini daerah penghasil tembakau kok malah mengharamkan rokok,” ujarnya.

“Dunia sekarang sulit menghadapi Indonesia, karena obat stress susah masuk ke Indonesia, kenapa? Karena orang Indonesia bisa menghisap nikotin dari tembakau secara langsung. Agar obat stress bisa masuk ke Indonesia, maka lewat Farmasi Internasional, maka rokok kemudian diharamkan.”

tembakau

Gus Muwafiq menjelaskan bahwa di Indonesia, rokok adalah salah satu obat stress yang manjur. Selain itu, rokok juga ikut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia melalui sumbangan APBN.

rokok

“Kalau rokok diharamkan, hati-hati, ini fiqih jadi masalah. Yang jualan tembakau dosa, yang cium aroma rokok ya haram, padahal 53 triliun masuk APBN, berarti APBN Indonesia ini haram. Untuk membangun jalan, jalannya haram. Makanya orang yang mengharamkan rokok, haram kalau lewat jalan (yang dibangun lewat APBN)”

Gambar ilustrasi: Eko Susanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s