Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) merupakan dana yang terkumpul dari pungutan cukai rokok untuk kemudian dikembalikan kepada pemerintah daerah. Besaran DBH CHT yang didistribusikan ke daerah sebesar 2 persen dari total cukai rokok. Dana yang kecil dari porsi cukai rokok yang berhasil dikumpulkan ke negara.

rokok

Baru-baru ini, DBH CHT yang diterima daerah digunakan untuk menutup defisit BPJS Kesehatan. Secara keseluruhan DBH CHT yang disedot untuk menalangi defisit BPJS Kesehatan yakni sebesar Rp5 triliun.

Penggunaan DBH CHT sendiri seperti yang diamanatkan untuk mendanai 5 kegiatan yaitu peningkatan kualitas bahan baku, pembinaan industri, pembinaan lingkungan sosial, sosialisasi ketentuan di bidang cukai, dan pemberantasan barang kena cukai ilegal.

cukai rokok

Dengan adanya serapan untuk menalangi defisit BPJS Kesehatan ini, maka akan makin mengurangi peruntukkan bagi petani, industri, dan konsumen (dengan penyediaan ruang merokok).

bungkus rokok

Hal ini tentu harus menjadi perhatian tersendiri bagi Pemda untuk tetap bijak mengelola DBH CHT. Pemerintah Daerah harus bisa lebih maksimal dalam mengelola DBH CHT yang difokuskan untuk para petani, konsumen, dan juga industri. Hal ini semata sebagai bentuk timbal balik yang fair dan adil atas kontribusi yang sudah diberikan oleh Industri rokok.

Gambar Ilustrasi: Eko Susanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s