Habib Keramat Bogor, Habib Abdullah bin Muchsin dikenal sebagai perokok. Menurut keterangan Abdurahman bin Ahmad Assegaf yang pernah berlajar kepadanya, “Habib Abdullah bin Muchsin itu merokok. Dan rokoknya adalah rokok kawung.”

rokok

Pernah sutau kali muridnya datang dari Kwitang mengunjunginya, setelah ia mendapatkan rokok mahal dari pembesar Belanda. Melihat kedatangan muridnya yang bernama Habib Ali itu, Habib Abdullah senang dan memberinya hadiah, “Ya Habib Ali, ini rokok mahal buat engkau.”

orang merokok

Karena tidak mau menerima dan ditaruh kantong saja karena tidak merokok, Habib Abdurahman berkata,: Ya Habib, mata ini kalau tidak karena rokok melihat manusia akan apa adanya. Mungkin kalau tidak merokok akan jadi susah manusia menemuiku. Supaya mereka bisa bertemu saya, ya saya begini (merokok).”

rokok

Di antara para Auliya memang ada yang merokok. Namun selesai merokok mereka akan cuci tangan dan memakai wangi-wangian, lebih-lebih kalau ingin buka kitab mereka sampai menempelkan minyak wangi di bibir mereka.

Ilustrasi gambar: Eko Susanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s