Di hari-hari ini, dengan semakin banyak tempat yang diberi label peringatan larangan merokok, tempat khusus merokok seolah menjadi ruangan yang berharga. Bagaimana pun sempitnya, toh akhirnya kita tak punya banyak pilihan. Sedangkan kebutuhan untuk melaksanakan aktivitas yang membuat otot-otot syaraf mengendur adalah tuntutan.

rokok

Di tempat kerja, pimpinan, pekerja dari berbagai divisi, dan office boy, kerapkali berkumpul di tempat khusus merokok, saling meminjam korek, dan berbagi rokok yang tinggal sebungkus.

orang merokok

Di bandara dan stasiun, orang-orang dari berbagai latar belakang, berlari kecil menuju tempat khusus merokok dan berbagai ruangan untuk membakar barang sebatang dan dua batang rokok sembari menunggu angkutan umum mengangkut mereka siap diberangkatkan.

rokok

Di sana, kerapkali, kita dipertemukan orang-orang yang sama sekali kita tak duga. Kadangkala teman yang lama tak jumpa. Kadang, tetangga kampung. Di sana, di waktu yang sangat terbatas, kita sering memulai sebuah pertemanan di hari-hari berikutnya.

Ilustrasi gambar: Eko Susanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s