Perokok di Indonesia adalah makhluk yang paling tabah. Alasan ini dikarena dari tahun ke tahun, harga rokok terus ditingkatkan untuk mengenjot pendapatan negara. Dari cukai rokok, pajak daerah, PPN, semuanya diberlakukan atas produk yang dianggap ‘jahat’ ini. Dianggap jahat, karena sebenarnya apapun alasannya tujuan pemerintah untuk menaikkan harga rokok adalah meningkatkan pendapatan.

rokok

Sabar, sabar, dan tabah. Bungkus rokok pun diberi gambar-gambar seram supaya ornag menjahui rokok. Merasa jijik dengan benda tersebut. Dan para perokok tak kehilangan akal dengan cara membuat kotak rokok pengganti. Sebagaian lagi malah berhenti, maksudnya berhenti melihat gambar dan peringatan berbahaya di bungkus rokok.

orang merokok

Apakah perokok berhenti? Tidak.

Kemudian, dengan berbagai alasan yang sama pula, ruang-ruang untuk merokok dibatasi. Bahkan ada yang tidak diberi ruang. Ketahuan merokok di kereta api diancam diturunkan di stasiun berikutnya.

rokok

Hal ini tentu kejam, sebab menurut putusan Mahkamah Konstitusi telah menegaskan bahwa merokok merupakan perbuatan, yang secara hukum legal atau diizinkan, sehingga di setiap Kawasan Tanpa Rokok diwajibkan untuk menyediakan ‘Tempat Khusus Merokok’ sehingga hak perokok tidak dihilangkan.

Gambar Ilustrasi: Eko Susanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s