Pemerintah Kota Yogyakarta konsisten untuk menjalankan amanat Mahkamah Konstitusi yang mensyaratkan pemberatan tempat khusus merokok di wilayah yang ditetapkan sebagai kawasan tanpa rokok (KTR).

Kepala Dinas Bangunan Gedung dan Aset Daerah (DBGAD) Kota Yogyakarta, Hari Setya Wacana, Jumat (2/9), menjelaskan pembangunan itu dianggarkan dana sebesar Rp400 juta.

rokok

“Akan ada tambahan delapan ruang khusus merokok. Lima di antaranya tersebar di kompleks balai kota, dan tiga lainnya di Kantor Kecamatan Kraton, Tegalrejo, dan Mergangsan,” kata Hari.

Tambahan ruang khusus untuk orang merokok tersebut ditujukan untuk memberikan fasilitas kepada orang merokok agar tidak merokok sembaranan sehingga tidak menganggu lingkungan serta orang lain yang tidak merokok.

orang merokok

“Peraturan yang ada, merokok itu tidak dilarang tetapi diharapkan merokok di lokasi-lokasi yang sudah diterapkan.”

Berdasarkan Peraturan Wali Kota Yogyakarta Nomor 15 Tahun 2016 ditetapkan sejumlah lokasi larangan orang merokok di antaranya adalah fasilitas layanan kesehatan, lingkungan pendidikan, kantor pemerintahan, tempat ibadah, sarana olahraga, transportasi umum, tempat bermain anak, dan tempat umum lainnya.

Peraturan tersebut akan efektif mulai 1 Oktober. Namun, hanya kantor pemerintahan dan tempat umum lainnya yang boleh dilengkapi dengan ruangan khusus merokok.

rokok

Setiap instasi di lingkungan Pemerintahan Kota Yogyakarta juga dimintanya untuk menyiapkan ruangan khusus merokok di setiap gedung dan kantor. Sesuai peraturan, di seluruh kawasan yang ditetapkan sebagai kawasan tanpa rokok maka tidak diperbilehkan melakukan kegiatan jual beli rokok atau menerima sponsor rokok.

Gambar Ilustrasi: Eko Susanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s