Slogan “ROKOK MEMBUNUHMU, MEMBUATMU MATI LEBIH CEPAT, ATAU DIGEROGOTI BERBAGAI PENYAKIT” barangkali hanya menjadi bualan saja bagi Mbah Gotho yang tercatat sebagai manusia tertua di dunia saat ini. Umurnya kini 145 tahun, yang ditunjukkan oleh dokumen yang membenarkan dia lahir pada 1870.

Mbah Gotho

Pria dari Desa Cemeng, Sambungmacan, Sragen, Jawa Tengah ini telah terbukti hidup lebih lama ketimbang 10 saudara kandungnya, empat istri dan anak-anaknya. Meskipun begitu, yang diinginkannya sekarang hanyalah mati.

Pada 1992, ia bahkan sudah mempersiapkan diri untuk mati. Ia juga telah mempersiapkan makamnya. Tapi 24 tahun kemudian, ia masih tetap hidup.

rokok

Sejak tiga bulan belakangan tubuhnya mulai melemah. Dia memerlukan bantuan untuk mandi dan makan. Dia semakin lemah. Namun, masih bisa untuk merokok. Bahkan termasuk perokok berat. Itu artinya, catatan sejarah manusia tertua di dunia dipegang oleh orang merokok.

rokok

Sehari-harinya kini Mbah Gotho hanya mendengarkan radio, sebab matanya sudah terganggu dan tidak kuat lagi menonton televisi terlalu lama.

Ketika ditanya apa resep bisa panjang umur, dia hanya menjawab, “Resepnya hanyalah bersabar.”

Ilustrasi Gambar: Eko Susanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s