Sama seperti di Indonesia, di Italia aktivitas orang merokok juga menjadi perdebatan. Dibandingkan dengan Indonesia, barangkali di Italia lebih sederhana karena negara itu tidak memiliki potensi ekonomi untuk komoditas ini. Sederhananya, industri rokok di sana tidak menyerap jutaan tenaga kerja seperti di negara kita ini.

Orang Merokok

Jadi, perdebatan yang terjadi hanya mengarah pada pembagian ruang untuk orang merokok dan tidak merokok. Ini dikarenakan tidak semua orang tahan terhadap asap rokok. Dan yang utama diberikan perlindungan adalah anak-anak dan ibu hamil.

Rokok

Pada 1970 Italia mengeluarkan peraturan tentang merokok, yang mana hanya memperbolehkan orang merokok di tempat yang ditentukan, tetapi bila ada ibu hamil dan anak-anak, merokok tidak diizinkan lagi.

Rokok

Di antara peraturan tersebut ialah (1) dilarang merokok di tempat umum, di sekolah, di bis, di kereta, di bar dan restoran, dan di tempat kerja, (2) Boleh merokok di taman kota, di pantai, di tempat khusus untuk orang merokok misalnya di ruang khusus merokok di bandara, stasiun, terminal, dan sebagainya, (3) Dilarang merokok di pantai dan taman kota jika di sana sedang ada ibu hamil dan anak-anak. (4) Anak-anak dan remaja sampai umur 18 tahun tidak diizinkan untuk merokok. (5) Orang dewasa atau penjual rokok tidak boleh menawari atau menjual rokok kepada anak-anak sampai usia 18 tahun.

Ilustrasi Gambar: Eko Susanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s