Sebuah studi dilakukan untuk melihat faktor-faktor apa saja yang membuat orang merokok akhirnya membatalkan niatannya. Tentu saja penelitian ini tidak ilmiah-ilmiah amat, karena dilakukan oleh Mat Kretek, dan tidak mendapatkan sokongan dana dari Tuan Bloomberg.

Orang Merokok

Penelitian ini dilakukan atas 10 orang di sekitarnya. Dan hasil studinya, urusan sepele yang bikin orang merokok sebagai berikut:

1. Mendengarkan Panggilan Sholat
Di Indonesia, terutama bagi umat muslim yang taat, mendengarkan suara azan merupakan panggilan yang tidak bisa dilewatkan. Itu pula yang diperhatikan oleh Mat Kretek, bahwa orang-orang cenderung meletakkan rokoknya dan menjalankan ibadah sholat.

Rokok

2. Memasuki Kawasan Tanpa Rokok
Kawasan Tanpa Rokok merupakan kawasan yang dijauhi oleh para perokok. Tetapi tanda suatu tempat sebagai Kawasan Tanpa Rokok (KTR) kadang tidak terduga. Bisa jadi anda berjalan-jalan di tempat asing dan hendak menyalakan rokok, lalu di depan tiba-tiba ada tanda memasuki area KTR.

Rokok

3. Bertemu Calon Mertua di Jalan
Kejadian satu ini dialami sendiri oleh Mat Kretek, ketika itu berjalan-jalan di jalanan kota kecamatan. Namun, karena dia melihat calon mertuanya di jalan, ia pun mengurungkan niatan untuk menyalakan rokok. Sebab, ada kekhawatiran di dirinya. Jika kedapatan merokok, mertuanya yang perawat di Puskesmas akan menolak lamaran Mat Kretek ke anak gadisnya.

Ilustrasi gambar: Eko Susanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s