Rokok digembar-gemborkan merupakan kebiasaan yang bertentangan dengan kesehatan. Rokok yang berbahan dasar tembakau yang mengandung zat seperti nikotin, tar, dan berbagai unsur lain yang merugikan bagi kesehatan. Kampanye tersebut tentu bertentangan dengan olahraga yang merupakan aktivitas penunjang kesehatan tak terkecuali sepakbola. Meski demikian, beberapa olahraga tidak menghiraukan anjuran itu. Bahkan ada yang terang-terangan menunjukkan kebiasaan yang dianggap tidak menyehatkan tersebut kepada publik. Tapi toh mereka membuktikan rokok tidak menghalangi prestasi di lapangan hijau.

Orang Merokok
Ilustrasi Orang Merokok

Berikut daftar atlet sepakbola yang termasuk orang merokok:

1. Johan Cruyff

Legenda sepakbola asal Belanda ini merupakan salah satu pemain bola yang termasuk perokok aktif. Dikabarkan bahwa pemain yang pernah memperkuat Ajak Amsterdam, Barcelona, dan Feyenoord Roterdam ini menghabiskan 20 batang rokok per harinya. Semasa karirnya, Johan Cruyff dikenal jenius, serta mempunyai skill dan inteligensi tinggi.

2. Socrates

Pemain sepakbola dengan nama yang sama dengan pemikir Yunani, Socrates, merupakan pemain yang dikenal cerdas di lapangan maupun luar lapangan. Buktinya, ia pernah masuk dalam XI FIFA pada 1983 dan menjadi pemain terbaik Amerika Selatan setahun setelahnya. Di luar lapangan ia merupakan seorang doktor di bidang kesehatan.

Terasa aneh bila seorang doktor di bidang kesehatan dan pemain sepakbola termasuk bagian dari orang merokok. Tetapi begitulah Socrates. Bahkan dikabarkan ia mampu menghabiskan dua bungkus rokok dalam sehari. Ketika ditanya soal rokok, ia hanya menjawab dengan kelakar, bahwa ia merokok dengan banyak agar bisa bermain lebih lama. Pada 2004, ia membuat kejutan dengan turun ke lapangan hijau lagi dengan memperkuat Garforth Town yang berlaga di Northern Counties East League di Inggris.

Rokok

3. David Ginola

Pemain flamboyan dengan perawakan rupawan dan rambut yang terurai memiliki skil mempuni di lapangan hijau. Ia meraih gelar pemain terbaik pada musim 1998/1999, serta berhasil mengantarkan trofi ligue 1 dan coupe de France bersama PSG, sedangkan bersama Tottenham Hotspur ia mengantarkan timnya menyabet Piala Liga. Ginola merupakan orang merokok. Ia mengatakan bahwa ia kerap menyedot rokok ketika jelang dan sesudah pertandingan untuk menenangkan pikiran.

4. Fabian Barthez

Kiper yang sempat bertanding untuk Machester United ini merupakan bagian dari orang merokok selama berkiprah di Liga Primer. Fabian Barthez membuktikan bahwa rokok tidak menjadi kendala untuk berprestasi di bidang olahraga. Selama karirnya, ia pernah mengantarkan timnya meraih trofi Liga Champions, dua kali menjuarai Ligue 1. Di kancah internasional, bersama Prancis ia meraih trofi Piala Dunia pada 1998.

Pada 2003, ketika Bartez ditepikan akibat cidera. Ia mencari bebas merokok supaya bisa melakukan aktivitas merokok. Ketika pelatih Southamton masuk ke ruangan tersebut, ia mendapati asbak rokok telah dipenuhi puntung rokok dan asap rokok memenuhi ruangan.

Foto oleh : Eko Susanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s