Merokok seringkali dikaitkan dengan berbagai risiko penyakit kanker, jantung, diabetes, gangguan mata, masalah gigi dan stroke. Walaupun sebenarnya, jika semua penyakit itu diakibatkan oleh rokok semata maka orang yang tidak merokok akan berumur panjang dan tidak terserang penyakit apa pun. Tetapi namanya penyakit tetap menjadi misteri. Dan datangnya pun tidak disebabkan oleh satu faktor semata.

Orang Merokok

Tetapi bila masih ada kekhawatiran dengan risiko kesehatan yang diakibatkan dari rokok, berikut ada makanan yang membantu mengeluarkan nikotin dari tubuh:

1. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin C
Orang yang merokok dituntun lebih banyak mengkonsumsi vitamin C karena tubuh memerlukan lebih banyak nutrisi untuk menangkal radikal bebas. <a href="http://“>National Institutes of Health mengatakan orang merokok harus mengkonsumsi setidaknya 35 miligram vitamin C lebih dari rekomendasi ini setiap hari.

Rokok

2. Mengkonsumsi Sayuran
Penelitian yang dipublikasikan oleh BMC Cancer pada 2010 menyimpulkan bahwa sayur-sayuran yang dimakan oleh orang merokok semakin memperkecil dia mendapatkan serangan kanker paru-paru. Sayuran adalah satu-satunya sumber makanan alami dari Isothiocyanates yakni senyawa yang mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker.

Orang Merokok

3. Minum Teh
Studi yang diterbitkan dalam Jurnal Cancer pada 2008 melaporkan bahwa perokok yang secara teratur minum teh hijau atau teh hitam cenderyng tidak akan mengembangkan kanker paru-paru dibanding dengan perokok yang tidak pernah minum teh. Para peneliti berhipotesis seperti ini disebabkan konsentrasi catechin yang lebih tinggi dalam teh. Cathechin merupakan antioksidan dan dapat menghambat aktivitas radikal bebas. Selain teh, anggur hitam, blackberry, dan cokelat merupakan sumber lain dari catechin.

Foto ilustrasi oleh : Eko Susanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s