Mendapati orang merokok di angkutan umum, apalagi tanpa izin memang menyusahkan, terutama bagi Anda yang tidak tahan dengan aroma asap tembakau. Pernah suatu kali, dalam perjalanan, saya bertemu dengan seorang perokok yang tidak peduli dengan keadaan sekitar, ia dengan enaknya merokok di dalam bis, padahal di sekitarnya, nampak jelas ada beberapa penumpang yang merasa terganggu dengan asap rokok.

Orang Merokok

Nah, jenis-jenis perokok tidak tahu diri ini sebenarnya bisa kita tegur, asalkan kita berani dan menegurnya dengan cara yang baik-baik, agar tidak menimbulkan masalah yang berlanjut.

Rokok

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menegur orang merokok di kendaraan umum, yaitu:

1. Teguran kode
Ini adalah teguran yang tidak langsung dilakukan dengan lisan, melainkan dengan kode-kode tertentu, misalnya dengan terbatuk-batuk atau dengan berlagak mengusir asap rokok yang ada di depan anda. Para perokok yang masih punya hati dan masih punya malu harusnya peka dan mau menghentikan aktivitas merokoknya.

2. Teguran Langsung
Ini teguran kedua yang bisa dilakukan jika teguran kode tidak mampu menghentikan kegiatan si perokok. Cukup teur dengan kata-kata yang baik. “Mas, maaf, kami ndak tahan dengan asap rokok mas, jadi kalau bisa, merokoknya berhenti dulu, dilanjutkan nanti kalau sudah turun,”

3. Teguran Kasar
Ini adalah teguran pamungkas. Bisa dilakukan jika Teguran pertama dan teguran kedua tidak mempan. Gunakan kata-kata yang keras dan defensif. “Mas, Kamu tahu nggak, di kendaraan umum itu, aturannya tidak boleh merokok, kalau mas masih saja merokok di angkot ini, sebaiknya turun saja, dasar manusia ndak paham aturan,”

Rokok

Nah, itulah tiga cara tingkatan yang bisa anda lakukan untuk menegur orang merokok. Silahkan pilih yang menurut anda nyaman dan bisa anda praktekkan.

Foto oleh : Eko Susanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s