Wakil Walikota Palu, Sigit Purnomo Said (Pasha Ungu) mendapat sorotan publik akibat terlihat tampil dengan memegang rokok dalam acara resmi di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Orang Merokok
Orang Merokok

Pasha Ungu kembali menjadi bulan-bulanan nitizen yang menghujatnya karena tampil di acara resmi dengan memegang rokok. “Merokok d acara resmi seorang pejabat masih pantas ngga d jadikan pejabat ? Aduh to bat..Klo begini tinggal nunggu kasis, tinggal pilih mo yg mna , kekerasan, korupsi, narkoba atau punya istri lgi..,” tutur akun bernama locking34. Selain itu ada akun butik_bunga_matahari menulis, “Ini apa ga bisa bergaya yg sedikit mendidik ya? Sedikiiiiit aja (kLo ga bs banyak2).”

Orang Merokok
Orang Merokok

Memang sih, apa yang diperdebatkan oleh nitizen agak tidak masuk akal. Apakah Pasha Unggu yang merokok kemudian dikaitkan dengan kekerasan, korupsi, narkoba atau punya istri lagi. Bukankah peluang melakukan itu bisa dilakukan juga oleh orang yang tidak merokok? Terlepas dari kinerja dan kapasitas Pasha sebagai wakil walikota, tapi tentu rasanya tak adil jika menilai baik buruknya pejabat melalui penggolongan ia orang merokok atau tidak.

Rokok
Rokok

Jika ditelisik lebih dalam, adakah kesalahan dari orang merokok? Walaupun orang tersebut merupakan pejabat publik? Sebab, tidak ada undang-undang yang menyatakan bahwa rokok adalah aktivitas yang ilegal. Kemudian apakah orang merokok yang kemudian menjadi pejabat publik, harus dipaksakan menanggalkan kebiasaannya tersebut?

Apakah tidak lebih baik kita melihat bagaimana seseorang pejabat publik bekerja untuk rakyatnya? Baik pejabat publik itu merokok atau tidak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s