Anda Merokok? Tidak apa-apa, itu pilihanmu yang diputuskan secara sadar. Namun, perlu dipahami bahwa tidak semua orang suka dengan asap rokok yang beraroma. Tetapi itu bukan jadi alasan untukmu tidak merokok.

Orang Merokok
Orang Merokok

Bagi orang merokok, tentu ada beberapa aturan yang perlu diperhatikan, tentu demi kepentingan dan kenyamanan bersama, baik yang merokok maupun yang tidak merokok. Nah, berikut ini adalah beberapa aturan yang harus diperhatikan oleh seorang perokok:

1. Tempat dan waktu merokok
Jika hendak merokok di tempat umum, perhatikan tanda larangan merokok. Jika ada sebaiknya Anda tidak merokok di tempat itu. Di tempat umum yang tertera larangan merokok diharuskan oleh undang-undang untuk menyediakan tempat khusus merokok, tanyalah ke petugas di mana letak tempat tersebut.

Orang Merokok
Orang Merokok

2. Membuang abu dan puntung rokok
Hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan ialah membuang abu dan asap rokok pada tempatnya. Dan jangan lupa untuk mematikan rokok jika usai melaksanakan ritualmu itu.

3. Bertamu ke rumah orang lain
Bila Anda sedang bertamu ke rumah orang lain dan ingin merokok sebaiknya tidak langsung merokok walaupun Anda sedang ingin. Sebaiknya perhatikan kesediaan asbak di ruangan tersebut. Bila ada itu pasti petunjuk yang memperbolehkan anda merokok. Tapi untuk memastikan lagi, minta izin.

Rokok
Rokok

4. Meminta izin jika Anda merokok
Orang merokok yang bijak selalu memastikan orang di sekitarnya tidak terganggu dengan asap rokok yang ia hisap, karenaanya, sebaiknya selalu meminta izin untuk merokok. Apalagi di tempat umum. Karena, dirimu hidup di bumi manusia yang sama, jadi perlu tenggang rasa. Saling menghormati antara orang yang merokok dan tidak merokok. Ok?

Foto oleh : Eko Susanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s