Jumlah Orang Merokok di Jepang mungkin tak sebanyak di Indonesia, namun kepedulian pemerintah Jepang bisa dibilang sangat tinggi, Hal ini karena Jepang merupakan salah satu negara dengan mayoritas penduduknya (khususnya pria) perokok. Namun di sana, para perokok diberi fasilitas yang memungkinkan bisa berdampingan dengan mereka yang tidak merokok. Tidak seperti di Indonesia dimana kecenderunganya memberlakukan Area Bebas Merokok tetapi tidak diberi ruang khusus merokok.

orang merokok
orang merokok

Cara pemerintah Jepang memanjakan Orang Merokok

Adapun cara-cara yang digunakan oleh pemerintah Jepang membuat masyarakatnya tertib merokok ialah sebagai berikut:

Menyediakan Tempat Khusus Merokok
Walaupun di Jepang diberlakukan kawasan bebas asap rokok di semua area publik, tapi di setiap daerah tersebut pasti disediakan ruang khusus bagi para perokok untuk menikmati rokok secara nyaman. Tempat khusus merokok ini diletakkan agak jauh dari area bebas merokok.

orang merokok
orang merokok

Menyediakan Jam Merokok
Selama jam kerja, di gedung-gedung perkantoran di Jepang diberlakukan jam merokok yang memungkinkan pekerja untuk mengambil rehat dan merokok. Tidak seperti di Indonesia, dimana para pekerja tidak diperkenankan merokok sepanjang jam kerja. Padahal hal itu membantu pekerja menjadi lebih rileks. Atau bila tidak, para pekerja akan mencuri jam kerja karena kebutuhannya untuk merokok tidak diakomodasi secara baik.

Kartu Merokok
Di Indonesia meski rokok hanya diperbolehkan bagi mereka yang telah berusia 18 tahun ke atas, tapi pelaksaannya tidak ada tindak lanjut yang memungkinkan peraturan tersebut bisa terlaksana dengan baik. Sedang di Jepang penduduknya diberi kartu identitas yang menandakan dia telah memiliki kewenangan untuk membeli rokok.

rokok
rokok

Nah, karena tiga sebab itulah, mengapa orang merokok di jepang sangat tertib. Pada akhirnya, semuanya memang kembali kepada fasilitas dan kepedulian pemerintah.

Foto oleh : Eko Susanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s