Manfaat Rokok – Penelitian mengungkap hubungan terbalik yang kuat antara seorang ibu yang merokok dan ibu yang tidak merokok terkait infeksi Helicobacter pylori di antara anak-anak prasekolah.

manfaat rokok

Untuk mengavaluasi hipotesis ini lebih lanjut, dilakukan studi berbasis populasi di mana infeksi H. Pylori diukur dengan 13C- urea breath test (tes kandungan urea pada nafas) dalam 979 anak-anak prasekolah dan ibu-ibu yang merokok, dengan menggunakan kuesionier standar.

manfaat rokok

Secara kesuluran 9,8% (93 dari 947) dari anak-anak dan 34,7% (329 dari 947) dari ibu-ibu telah terinfeksi. Prevalansi (rasio jumlah kejadian penyakit dengan unit pada populasi berisiko) infeksi jauh lebih rendah di antara anak-anak dari ibu yang tidak terinfeksi (1,9%) dibandingkan dari ibu yang terinfeksi (24,7%).

manfaat rokok

Ada hubungan terbalik yang kuat infeksi dengan ibu yang merokok (odds rasio atau penyimpangan disesuaikan = 0,24, interval kepercayaan 95% = 0,12-0,49) di antara anak-anak dari ibu yang terinfeksi. Hasil ini mendukung hipotesis dari peran utama untuk penularan ibu-anak berupa H. Pylori menjadi kirang efisien jika si ibu merokok.

Sumber gambar: Eko Susanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s