Manfaat Rokok – Sisa dari rokok seringkali dianggap sebagai sampah yang tidak bisa dimanfaatkan lagi. Walaupun tergolong sebagai sampah yang mudah terurai karena berbahanbaku organik, tetapi baru-baru ini ada penelitian dari Kelompok Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Biologi, Universitas Negeri Yogyakarta. Menemukan peluang pemanfaatan putung rokok sebagai insektisida nabati.

manfaat rokok

Dari penelitian yang dilakukan selama 1,5 bulan, dengan membandingkan antara pemanfaatan puntung rokok dan ekstrak daun papaya terhadap jumlah kematian Plutellaxylostella (ulat kubis), ternyata putung rokok lebih unggul mempercepat kematian hama tersebut.

Salah satu mahasiswa yang melakukan penelitian ini, Martha Lina, mengatakan prosedur penelitian ini diketahui dari penyemprotan insektisida nabati punting rokok dan ekstrak daun papaya dalam jangka waktu yang ditentukan.

manfaat rokok

Dari penelitian diketahui bahwa ekstrak punting rokok mengakibatkan 100 persen tingkat mortalitas hama yaitu sebanyak 21 ekor ulat kubis dalam kurun waktu tiga hari. Sedangkan ekstrak daun papaya hanya mengakibatkan 65 persen atau sebanyak 14 ekor ulat yang mati dalam kurun waktu 5 hari.

manfaat rokok

Puntung rokok mengandung senyawa alkoida dari daun tembakau. Dengan kata lain menurut Martha, nikotin dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan insektisida.

Foto oleh : Eko Susanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s