Perokok Pasif Tak Rentan Kena Kanker Paru

manfaat rokok

Selama ini orang awam diberi pemahaman jika berada dekat seorang perokok aktif akan meningkatkan peluang mereka terkena gangguan pernapasan hinga kanker paru. Namun sebuah studi terbaru dari AS mengatakan hal ini tidaklah benar.

Penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Stanford University menemukan bukti nyata bahwa merokok memiliki ketertarikan yang kuat dengan kanker, tapi tidak bagi perokok pasif. Hanya yang tinggal satu rumah dengan perokok aktif selama 30 tahun yang berpeluang untuk mengidap kanker paru.

Dengan mengamati data 76.304 partisipasi wanita, terutama tentang papara rokok pasif mereka sejak kecil, paparan rokok pasif mereka di rumah setelah dewasa dan paparan rokok pasif di tempat kerja. Di situ tercatat 901 orang terkena kanker paru dalam kurun 10,5 tahun.

Selain itu peneliti memastikan bahwa peluang kanker paru pada perokok aktif 13 kali lebih besar daripada yang tidak pernah merokok dan empat lebih besar terjadi pada mantan perokok. Yang jelas tinggi rendahnya risiko kanker paru, baik bagi perokok yang masih aktif maupun mantan perokok, bergantung pada tingkat paparan rokok mereka.

Namun pada partisipan yang tidak pernah merokok maupun yang menjadi perokok pasif tidak ditemukan adanya risiko kanker paru secara signifikan.

“Satu-satunya kategori paparan yang ditemukan studi ini adalah adanya tren peningkatan risiko pada orang-orang yang tinggal serumah dengan seorang perokok aktif selama 30 tahun atau lebih,” kata peniliti Ange Wang, mahasiswa kedokteran dari Stanfors University. Dia mempresentasikan hasil temuan ini dalam pertemuan American Society of Oncology di Chicago pada 2013.

Gambar: Eko Susanto

Sumber: rokokindonesia.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s