Kebijakan Cukai sebabkan Pabrik Rokok Kecil Gulung Tikar

Rokok Indonesia
Rokok Indonesia

Kenaikan cukai yang diberlakukan pemerintah dinilai semakin meruntuhkan industri rokok. Selama lima tahun terakhir ini telah terjadi kenaikan tarif cukai hampir setiap tahun, yang kalau dikalkulasi telah terjadi kenaikan sebesar 16 persen dan menyebabkan ribuan pabrik rokok gulung tikar.

“Data tahun 2009 jumlah pabrik rokok sekitar 4.900 pabrik, sekarang hanya sekitar 600-an pabrik,” ujar Sekretaris Jenderal Gabungan Perserikan Pabrik Rokok Indonesia, Hasan Aoni, dalam Diskusi Publik “Kebijakan Tarif Cukai yang Rasional, Adil, dan Berorientasi nasional Interst”.

Mamik Indrayani, Ketua Lembaga Penelitian UMK yang juga menjadi panelis menambahkan yang terjadi sekarang ini adalah ketidakpedulian pemerintah, bukan keseimbangan kebijakan. Kevijakan-kebijakan pemerintah justru mencerminkan kebijakan anti-tembakau. “Kebijakan itulah yang menggerus industri hasil tembakau,” katanya seperti dikutip Kontan.

Kenaikan cukai tak hanya membatasi pertumbuhan industri rokok, namun juga memukul industri rokok kecil. Kenaikan cukai merupakan bagian dari biaya produksi karena itu kenaikan cukai jelas akan mendongkrak harga. Sementara, di sisi lain, rokok yang mereka produksi belum tentu laku semua. Pabrik tutup karena terjadi kenaikan cukai terjadi setiap tahun.

Ia menegaskan, kenaikan cukai dengan argumentasi kesehatan sangat tidak adil karena pastikan akan mengorbankan pihak lain yang tidak terakomodasi kepentingannya. Seharusnya, pemerintah berpikir mendorong daya saing industry hasil tembakau bukan memberangus dengan beragam regulasi.

“Industri hasil tembakau juga berkontribusi terhadap pendapatan masyarakat, pengurangan masyarakat miskin, bahkan sebagai warisan turun-menurun,” katanya.

Sumber Artikel: Rokok Indonesia / Foto: Eko Susanto di Flickr

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s