APTI Protes Kebijakan Rokok Polos Australia

Melanjutkan mandat yang diterima pada Hari Petani Tembakau Sedunia (29 Oktober 2014) di Pamekasan – Madura, Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) menyampaikan aspirasinya melalui aksi damai di depan Kedutaan Besar Australia di Jakarta. Perwakilan petani tembakau Indonesia menyerukan dukungannya terhadap posisi pemerintah yang telah mengajukan protes resmi kepada Pemerintah Australia. Terkait, kebijakan kemasan polos rokok (Plain Packaging) yang telah diterapkan di Australia semenjak Desember 2012.

Aksi damai ini dilakukan bertepatan dengan proses litigasi kebijakan kemasan polos rokok di Australia yang sedang ditangani oleh Badan penyelesaian Sengketa di bawah Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Seperti diketahui, pada pertengahan bulan Oktober yang lalu Pemerintah Indonesia telah menyampaikan dokumen tertulis pertama yang memuat argumentasi hukum bahwa kebijakan Australia itu merupakan pelanggaran terhadap ketentuan WTO.

“APTI percaya pemerintah Indonesia akan kembali memenangkan kasus sengketa dagang di WTO terkait kebijakan kemasan polos rokok yang diterapkan oleh pemerintah Australia. Bila kami diamkan, kebijakan ini dapat dipaksakan untuk diterapkan di Indonesia,” kata Wakil Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) APTI Suryana dalam pernyataannya yang diterima Tribunnews.com, Kamis (6/11/2014).

Para petani membandingkan kasus ini dengan penjualan minuman keras asal Australia yang justru tak pernah dipersoalkan oleh pemerintah. Padahal, sudah jelas bahwa alkohol sama bahayanya dengan rokok. “Pada dasarnya kalau dibandingkan dengan alkohol kan kita tau, wine itu produk dari Australi, mengapa tidak dipersoalkan,” katanya.

Dalam pesan yang dibawakan oleh pimpinan APTI, seluruh petani tembakau Indonesia menyambut gembira akan upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam melindungi sektor tembakau nasional. Sekaligus memperjuangkan akses pasar produk tembakau Indonesia di pasar Internasional.

Sumber: http://ift.tt/10wtCcp

\Baca juga:
http://ift.tt/1uyS62x
http://ift.tt/1xaQ9bq

via rokokindonesia.com http://ift.tt/10wtE3T

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s