4 Hal yang Membuat Rokok Putih Lebih Berbahaya

Berikut ini empat fakta soal bahaya rokok putih. Dari sini juga dapat dilihat kenapa jenis rokok putih mengancam industri nasional. Karenanya juga kita bisa melihat kadar nasionalisme seseorang dari jenis rokok yang dihisapnya.

Rokok putih menggunakan tembakau impor.
Rokok putih menggunakan tembakau yang dibudidayakan di luar negeri. Rokok putih menggunakan tiga jenis tembakau: Burley, Virginia, dan Turkish, masing-masing berasal dari Amerika dan daerah Mediterania. Ini miris, sebab Indonesia merupakan negara penghasil tembakau berkualitas terbaik di dunia. Ada lebih dari 100 varietas tembakau yang tumbuh di Indonesia, dengan luas lahan lebih dari 250 ribu hektar.

Rokok putih tidak menggunakan cengkih atau rempah lain.
Rokok putih hanya menggunakan rajangan daun tembakau yang diberi aroma khusus. Berbeda dengan kretek yang menggunakan tambahan bahan yang khas nusantara, seperti cengkih dan klembak. Dengan demikian, keberadaan rokok putih bukan sekadar mengancam nasib petani tembakau, tapi juga para petani cengheh.

Produksi rokok putih menggunakan mesin dari proses awal sampai akhir.
Logika bisnis rokok putih mengandalkan efisiensi untuk menghasilkan produksi besar. Penggunaan mesin pun dibutuhkan, berimplikasi pada tercancamnya nasib buruh pembuat kretek tangan di Indonesia, yang saat ini jumlahnya mencapai 800.000 pekerja.

Bisnis rokok putih dimiliki asing.
Dengan dimiliki oleh asing, keuntungan yang diperoleh dari pasar Indonesia akan dibawa ke negara asal. Semisal perusahaan rokok asing di Indonesia seperti PT HM. Sampoerna dan PT Phillips Morris akan membawa keuntungannya ke Amerika.

Lawan Rokok Putih, Isap Kretekmu


via rokokindonesia.com http://ift.tt/1uzsBy8

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s