Rokok di masa pendudukan Jepang (I)

Saking mengakarnya tradisi rokok di Indonesia, Jepang menjadikannya sebagai alat propaganda di masa pendudukan mereka (1942-1945). Sebagaimana banyak ditulis dalam literatur sejarah, banyak perusahaan harus mengganti namanya menjadi bahasa Jepang dan Melayu, mulai dari bioskop hingga toko keperluan sehari-hari. Tak terkecuali perusahaan rokok, di berbagai lokasi di Jawa perusahaan rokok harus berganti nama.

Salah satu yang paling berpengaruh adalah perusahaan rokok besar yang produknya banyak disukai di Eropa, Negresco NV. Perusahaan yang berbasis di Yogyakarta itu berganti nama menjadi Jawa Tobacco Kojo. Produk cerutunya berganti nama menjadi Momo Taro. Perusahaan ini juga memproduksi dua jenis sigaret yang di masa pendudukan Jepang sangat terkenal, yaitu Kooa dan Mizuho. Dua merk terakhir cukup beken di kalangan masyarakat.

Kepopuleran itu menghadirkan tandingan lain, di Surabaya muncul semboyan: “Sira Semangata, Musuha, tak kooaplok!” (Kalian semua semangatlah. Karena musuh sekalipun akan kupukul!). Kalimat dalam bahasa Jawa itu adalah penggabungan dari beberapa merk rokok pada masa itu: Siraho, Semangat, Mizuho, dan Kooa!

Di sisi lain, rokok kretek juga masih bisa ditemukan di pasaran meski dalam jumlah kecil. Beberapa yang beken adalah rokok kretek tali satu dan rokok kretek tali dua. Hadir pula olok-olokan dari kaum nasionalis, kepada Jepang:

Misuho misuho, Koa/Fajar semangat, Srutu Momotaru/Rokok kretek taline ijo/Isih enak rokok tali loro/Paling enak, klobote mbako… (Memaki, memakilah, Kau/Fajar semangat, Cerutu Momo aru/Rokok kretek bertali hijau/Masih enak rokok klobot tembakau…)

Serapan pendek dari:
Rokok Kretek sebagai Propaganda Politik Anti Jepang – http://ift.tt/RTDJnR
Lihat juga: http://ift.tt/1zQsnFm

via rokokindonesia.com http://ift.tt/1zQspwS

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s