Benar tidak sich bahwa bahaya rokok yang menyebabkan seperti yang ditulis di kemasan rokok atau hanya sebuah propaganda yang dimunculkan. Kebetulan saya berinvestasi di valuta asing dan trading di gold, sterling dan euro. Saya mulai membaca dan menganalisa tentang analisa fundamental ekonomi suatu negara saya bisa berasumsi sedikit tentang faktor ekonomi yang mempengaruhi rokok tersebut.

Kenapa propaganda anti rokok selalu di munculkan oleh Amerika. Ingat bahwa Amerika adalah pengkonsumsi rokok terbesar dan perokok di Amerika rata-rata mengkonsumsi rokok dari produk-produk rokok yang diproduksi di Indonesia dan rata-rata penikmat rokok kretek. Sehingga kalau dibiarkan ini secara terus menerus oleh pemerintah US maka mereka akan ketergantungan oleh Indonesia dan ini akan berakibat bahwa pendapatan masyarakat Amerika akan membantu ekonomi Indonesia karena import rokok dari Indonesia.

Amerika tidak mau dalam hal ini mereka menjadi target pasar eksport Indonesia, sehingga mereka mulailah mengkampanyekan gerakan anti rokok yang membuat statement seperti dalam kemasan rokok tersebut, dan satu lagi pernah teman saya dari Amerika pulang ke Indonesia dengan membawa sebungkus rokok yang rokok tersebut diproduksi dari Indonesia dan saya melihat dalam kemasan tersebut alangkah terkejutnya saya melihat kemasannya berisikan gambar orang yang terkena kanker parah digambarkan dalam kemasan rokok tersebut.

Dalam mengemas kemasan rokok kretek rata-rata dikerjakan oleh industri UKM dan pelintingan rokoknya masih menggunakan cara tradisional belum menggunakan mesin untuk melintingnya, dengan propaganda anti rokok yang membuat orang-orang jadi takut bahaya rokok sehingga menurunnya volume eksport Indonesia untuk rokok. Tidak untuk eksport saja untuk pasar lokal juga menurun karena pemerintah juga mempropaganda masyarakat mengikuti kampanye yang dilakukan oleh Amerika tadi. Sementara industri rokok dalam negeri menjadi penyumbang pajak terbesar untuk negeri ini. Dan tidak berpihaknya pemerintah terhadap pengusaha-pengusaha UKM rokok ini dengan menaikkan upah buruh sehingga terpedaya lah pengusaha lokal rokok kretek saat ini.

Sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s