Intisari-Online.com – Jika merokok selama ini identik dengan sumber penyakit, percayakah Anda jika ada rokok yang malah dianjurkan karena bisa menyehatkan? Ialah rokok kawung. Kebiasaan merokok kawung ini salah satunya dilakukan oleh masyarakat Kampung Ciptagelar, Sukabumi.

Rokok ini adalah rokok yang menggunakan tembakau asli yang dilinting dengan daun kawung (aren), dipadukan dengan cengkih. Karena bunyi ketika tembakau kering itu terbakar adalah “kretek-kretek-kretek”, rokok ini kerap juga disebut dengan rokok kretek.

Rokok yang beredar di Ciptagelar berbeda dengan yang ada di pasaran.Rokok kawung yang dijual di toko sudah berkurang kadar lilin yang melekat di daun kawung. Sehingga, khasiat rokok sebagai pengobatan berkurang.

Khasiat daun kawung yang dirokok adalah untuk menyembuhkan dan mengurangi risiko penyakit asma. Sementara, lintingan kawung yang diisi dengan tembakau asli biasa digunakan oleh orang-orang Ciptagelar untuk pengobatan penyakit jantung. Ini sudah dilakukan sejak zaman dulu.

Daun kawung sendiri memiliki khasiat tinggi untuk pengobatan tradisional. Dari akar hingga ruas daunnya memiliki kegunaan masing-masing. Seperti getah di batang pohon kawung bisa sebagai pemantik api yang mempunyai daya kobar lebih awet, dan (justru) memanfaatkan angin sebagai pengobar.

Masyarakat Sunda, termasuk di Kampung Ciptagelar, sudah menjadikan merokok kawung sebagai kebiasaan sehari-hari, mulai dari saat bertani, berdagang, atau beraktivitas sosial yang lainnya. Terhitung, sekitar 90% masyarakat Ciptagelar adalah perokok. Bahkan, ada semboyan yang berbunyi “Smoking Please”, alih-alih “Do Not Smoking”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s